Rabu, 10 Juli 2013

Merayakan 25 Tahun Hidupku.. 

Beberapa menit yang lalu, umurku ditasbihkan genap 25 tahun. Namun, kenyataannya, umurku akan tepat berumur 25 tahun pada pukul 8 malam nanti waktu Serbia. Ya, aku lahir 25 tahun yang lalu pada pukul 8 malam. Mungkin ketika diulas mundur, dini pagi 25 tahun yang lalu, mamaku sudah sakit perut heboh karena tendanganku semakin kuat, maka mungkin mamaku sudah dilarikan di rumah bersalin terdekat atau dukun beranak sudah stay tune di rumahku. Entahlah. Aku tidak pernah mengungkit bagaimana sejarah atau berita acara ketika mamaku melahirkanku. Aku hanya tahu di akte kelahiranku, aku lahir pada pukul 8 malam dengan cara alami, tanpa mamaku menjalani operasi atau tindakan darurat dukun beranak. Plus, aku hanya tahu bahwa abahku pernah bilang bahwa aku lahir di malam hari, maka keberanian adalah nama keduaku. Itu yang kutahu.
Maka, di tanggal 11 juli ini, ada ketidakbiasaan dari kejadian dimana “aku seakan dilahirkan kembali”.  Biasanya, aku tidak memperhatikan benar atau kata lainnya merayakan hari ulang tahunku. Aku hanya akan menjalani hari seperti biasa. Tidur, makan, bangun, mandi. Semuanya seperti biasa, tidak ada kue dengan lilin menyala, tidak ada teriakan surprise selamat ulang tahun yang bisa membuat jantung copot, tidak ada kejutankejutan heboh, dan tidak ada halhal yang biasanya dilakukan manusia normal. Aku menganggap hari ulang tahun adalah hari biasa. Seperti hari lainnya. Hanya saja aku bertambah tua.
Beberapa menit yang lalu, ketika detak detik jam berubah dari tanggal 10 ke 11 juli. Ini pertama kalinya aku merayakan bertambahnya umurku dengan diriku sendiri. Ya, dengan diriku sendiri. Dimulai dengan mencret heboh, aku memulai umurku yang 25 tahun ini dengan pembersihan toksintoksin tubuh dengan kegiatan mencret. Aku tidak memandang rendah kejadian mencret ini, malah aku menganggapnya firasat baik. Bagiku mencret seperti kata lain dari penyucian diri. Setelah mencretku selesai, tubuhku ringan bagai kapuk yang diterbangkan angin musim panas.
Setelah penyucian diriku tuntas, aku membasuh seluruh tubuhku dengan kegiatan mandi tengah malam. Aku merasa dipertambahan umurku yang ke 25 tahun ini, kodekode alam memulai hari pertamaku di usia 25. Ini membuatku merasa semakin spesial. Dan setelah melihat kalendar islam, hari pertamaku di umur 25 adalah juga hari ke 3 ramadhan tahun ini. Kodekode angka ganjil membuatku semakin dibuncah bahagia. Bagaimana tidak? Bagi perempuan penyuka halhal dan angka ganjil sepertiku, awal umur 25 yang diliputi hal ganjil dan angka ganjil adalah merupakan kebahagiaan tak terperi. Seperti halnya seorang nelayan yang melihat tandatanda bulan yang menunjukkan musim kawin ikan salmon di ujung laut sana. Ini bagaikan pertanda berkah. Bertaburan dimanamana. Meski ketika membuat catatan ini, lampu kamar tidurku sedang meredup, begitupun mataku yang semakin meredup. Namun, hari pertama di ulang tahunku ke 25 ini, hambatan lampu dan mata yang semakin meredup tidak jua meredupkan gelora buncah semangat berulang tahun dan gelora ingin membuat sebuah prasasti sederhana, sebuah catatan (tak penting) yang mengingatkan paling tidak diriku sendiri bahwa aku berumur 25 dan aku bahagia seutuhutuhnya.
Lalu, setelah kucek data siapa saja yang berulang tahun hari ini, nama penulis favoritku dan sepupuku menyembul dari alarm ulang tahu fesbukku. Aku semakin bahagia, orang yang kukagumi lahir di hari yang sama, begitu pula sepupuku. Lama bersua tapi baru tahu kalau kita lahir di hari yang sama. Sungguh kejutan kecil yang indah.
Ucapanucapan selamat berulang tahun pun berentetan masuk ke dalam time line fesbukku, terutama dari temanteman dekatku, kenalankenalanku dan orangorang yang ternyata masih sadar akan kehadiranku di dunia ini. Aku mengucap terima kasih tak terhitung, seperti bintang di langit yang jernih pagi ini, semoga doadoa yang terlontar terdengar oleh Yang Maha Kuasa. Maka kebaikan akan selalu menyelimutiku dan menyelimuti kalian. Terima kasih kembali. Katakata tulus untuk ulang tahun ke 25 ini membuat hari ini semakin syahdu. Semoga hari ulang tahun kalian yang berbedabeda itu juga dapat memberi berkah dan kebahagiaan bagi kalian. Amin!
Dan sebagai penutup, tak terlupa a very giant thanks untuk mamaku tercinta karena sudah ikhlas dan sabar melahirkan, merawat dan mempersembahkan yang terbaik buatku. Terima kasih raksasa ma! :*

Avala. 11.7.2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar